Bimbie

9 Fitur Tersembunyi Pada Windows 11

Fitur Tersembunyi Pada Windows 11
Sumber Gambar: WindowsCentral

Bimbie.com – Microsoft sudah mengumumkan perubahan besar yang terjadi pada Windows 11, perubahan UI secara besar-besaran untuk elemen penggunaan secara keseluruhan, termasuk perubahan pada start mwnu dan taskbar, fitur baru seperti Widgets dan File Explorer serta Settings yang di desain ulang. Namun, beberapa perubahan terbaru tersebut ternyata ada yang tersembunyi sejak awal perilisan betanya.

Perubahan ini berada pada File Explorer, Desktop, Settings. Berikut adalah peribahan yang tersembunyi:

Opsi yang hilang pada File Explorer

Windows 11 hadir dengan File Explorer yang diperbarui yang bermigrasi dari menu ribbon tradisional yang memberikan kesan lebih minimalis yang hanya memberikan komponen perning saja seperti cut, copy dan paste. Tergantung dari lokasi dan isi kontennya, Anda akan melihat kebanyakan menu legacy tidak tersedia.

Menu Sort and group memiliki opsi untuk menyortit konten berdasarkan nama, tanggal modifikasi, tipe, dll…

Context Menu Pada Windows 11
Sumber Gambar: WindowsCentral

Menu Layout and view options memberikan opsi untuk melihat item dengan ukuran berbeda, seperti ekstra-besar, besar, kecil, daftar, detil, dan lain-lain. Menunya juga memberikan opsi untuk menyalakan compact view dibanding dengan tampilan tampilan baru dengan spasi lebih lebar.

Context Menu Pada Windows 11
Sumber Gambar: WindowsCentral

Sebagai tambahan, pada sub-menu Show memberikan tiga opsi untuk mengatur tampilan bilah kiri, menampilkan ekstensi file atau folder/file tersembunyi.

Kemudian, menu See more (tiga-titik) memberikan opsi perintah untuk pemilihan, kompres menjadi .ZIP dan Option untuk mengatur aplikasi. Namun hal ini tergantung dari lokasinya (This PC, network, folder, dll). Sebagai contoh, Ketika di This PC, menu yang akan tersedia yaitu add, map dan disconnect network locations.

Context Menu Pada Windows 11
Sumber Gambar: WindowsCentral

Estimasi Waktu Windows Update

Fitur tersembunyi lainnya pada versi terbaru Windows 11 Insider ini, adalah kemampuan untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk update. Alasannya akrena untuk memberikan estimasi kepada user karena user sendiripun tidak bisa mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan karena beberapa update bisa saja lama atau sebentar. Dengan Windows 11, Ketika update memerlukan restart, Windows update akan memberikan estimasi waktu yang diperlukan.

Estimasi Waktu Restart Pada Windows 11 untuk update
Sumber Gambar: WindowsCentral

Anda akan melihat notifikasi ini pada Windows Update dan tombol power pada Start Menu ketika ada pembaruan yang tertunda.

Rekomendasi Settings

Windows Sekarang akan merekomendasikan mudifikasi pengaturan berdasarkan konfigurasi Anda saat ini. Sebagai contoh, jika Anda memiliki pengaturan power yang mengatur layer tidak pernah mati, notifikasi ini akan muncul untuk memberikan saran.

Rekoemndasi Pengaturan Pada Windows 11
Sumber Gambar: WindowsCentral

Namun, rekomendasi ini tidak akan tersedia pada semua pengaturan. Hanya akan tersedia pada beberapa pengaturan saja yang perlu perhatian Anda.

Mixer Volume dan properties

Volume Mixer legacy sudah tidak tersedia. Ketika Anda mengklik kanan icon speaker pada area notifikasi akan memberikan Volume Mixer pada Settings.

Pengaturan sound mixer pada Windows 11
Sumber Gambar: WindowsCentral

Pada halaman baru ini, Anda dapat mengontrol volume sistem, perangkat input dan output. Dan yang lebih penting, Anda dapat mengatur volume per aplikasi. Pengaturan ini juga dapat memberikan Anda kebebasan untuk memberikan output berbeda pada masing-masing aplikasi.

Pengaturan speaker pada WIndows 11
Sumber Gambar: WindowsCentral

Sebagai bagian dari peningkatan pengaturan suara, Microsoft juga memperbarui halaman properties untuk speaker dan mikrofon. Pada Windows 11, halaman Speaker memberikan tampilan berkualitas tinggi, informasi driver dan opsi untuk memeriksa pembaruan driver dan juga opsi untuk memblok aplikasi mengakses perangkat tersebut.

Pengaturan mikrofon pada WIndows 11
Sumber Gambar: WindowsCentral

Pada pengaturan mikrofon, Anda akan menemukan hal yang sama seperti pada speaker, pada pengaturan perangkat input.

Menu konteks legacy

Microsoft mencoba untuk improvisasi menu konteks untuk meningkatkan konsistensi dengan memperkenalkan menu konteks baru pada File Explorer, Desktop dan experience secara keseluruhan.

Context Menu Pada Windows 11
Sumber Gambar: WindowsCentral

Ketika Anda mengklik kanan item, Anda akan melihat menu baru yang menyematkan baris pertama untuk cut, copy, paste, share dan recycle, Dan sisanya akan berbeda tergantung item yang dipilih. Namun, jika Anda lebih suka dengan tampilan lama Anda bisa tekan tombol Shift + F10 pada keyboard Anda.

Context Menu Pada Windows 11
Sumber Gambar: WindowsCentral

Mematikan Adapter Jaringan

Pada versi Windows sebelumnya, jika Anda ingin menyalakan/mematikan adapter jaringan Anda harus pergi ke Control Panel > Network & Internet > Advanced network settings. Kini mengatur hal tersebut dibuat lebih simpel.

Pengaturan adapter jaringan pada Windows 11
Sumber Gambar: WindowsCentral

Anda juga dapat mengekspansi adapter jaringan tersebut untuk memperlihatkan status, termasuk status, bytes terkirim dan diterima, kecepatan adapter dan durasi.

Taskbar yang lebih besar

Terlihat sama seperti Windows 10, namun pada Windows 11, Microsoft memberikan banyak peningkatan, seperti merata-tengahkan icon, mendesain ulang tombol start, tombol untuk task view, widget, search, animasi dan perubahan lainnya. Namun, jika Anda tidak menyadarinya, ukuran taskbar pada Windows 11 lebih tinggi.

Perbandingan ukuran taskbar pada Windows 11 dan Windows 10
Sumber Gambar: WindowsCentral

Sebagai catatan tambahan, Anda tidak dapat posisi taskbar (atas, kiri, kanan) dan opsi untuk memperlihatkan label sudah tidak tersedia.

Aplikasi latar belakang

Beberapa aplikasi yang Anda unduh dari Microsoft Store bisa berjalan pada latar belakang untuk memberikan fungsi tambahan, seperti mengunduh data dibelakang dan memberikan notifikasi. Pada Windows 1, apliaksi settings menyematkan halaman untuk mengatur aplikasi mana yang bisa berjalan di latar belakang, tetapi hal ini sudah tidak ada pada Windows 11.

Pengaturan latar belakang aplikasi Windows 11
Sumber Gambar: WindowsCentral

Fitur ini tidak sepenuhnya dihapus. Anda masih bisa mengaturnya dari masing-masing aplikasi yang terinstall.

Windows Backup dan opsi Backup

Dimulai dari Windows 11, Microsoft mendorong sedikit user untuk memastikan user tidak lupa backup aplikasi legacy seperti History file dan Windows backup.

Di dalam aplikasi Sttings, Anda akan menemukan Windows backup baru pada menu “Accounts”.

Windows backup pada Windows 11
Sumber Gambar: WindowsCentral

Opsi yang diberikan untuk mem-backup file secara lokal ke penyimpanan eksternal atau membuat full backup yang tidak tersedia pada halaman ini. Setting tersebut dipindahkan ke “Advanced Storage Settings” pada Backup options. Tentu saja, opsi legacy juga masih tersedia, dan akan membuka pengaturan di Control Panel.

Windows backup pada Windows 11
Sumber Gambar: WindowsCentral

Pemisahan ini bukanlah hal yang baru, karena Microsoft pelan-pelan mengusangkan fitur tersebut, tinggal menunggu waktu saja.

Itulah perubahan yang Microsoft tidak menulisnya di lognya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − six =