Bimbie

Review Build Pertama Windows 11 Insider Preview

Windows 11 Insider Preview kini resmi telah hadir beberapa minggu. Dan Saya sudah menggunakannya di PC pribadi sejak awal rilis via Windows Insider Program. Awal pakai ternyata perubahannya sangat besar. Yakni perubahan dari segi tampilan, berbeda jauh dari Windows 11 Leaked Build yang sudah dibahas sebelumnya. Perubahannya seperti apa? Mari kita bahas.

OOBE Baru

Dengan hadirnya OOBE (Out Of the Box Experience) baru, proses yang dilakukan untuk pertama kali setelah proses clean install selesai terasa berbeda jauh dibanding Windows 10.

OOBE ini terasa segar dan mirip Windows 10X yang sempat dibatalkan, hal-hal kecil seperti animasi serta icon-icon baru terasa lebih fresh, serta diberikan suara startup baru.

Windows 11 OOBE
OOBE Windows 11

Lock Screen Baru

Windows 11 juga memberikan tampilan Lock Screen baru, dengan posisi jam yang pindah ke atas tengah, serta notifikasi kalendar yang berada pada posisi bawah tengah layar.

Windows 11 Lock Screen 1
Lock Screen Windows 11
Windows 11 Lock Screen 2
Lock Screen Windows 11

Tampilan Desktop Baru

Begitu masuk ke tampilan desktop, perubahannya ya….. masih mirip-mirip sama Windows 11 Leaked Build sebelumnya, namun tentunya dengan beberapa antarmuka yang mungkin Anda sadar akan perubahannya seperti icon pada samping jam dan kalendar. Tidak ada lagi tombol Notification Center karena sudah dipindahkan, bersama dengan kalendar dan juga semua icon taskbar kini berada ditengah secara default, dan Saya rasa ini cocok jika Anda memiliki monitor Ultrawide. Jadi makin mirip dengan macOS.

Windows 11 Desktop
Desktop Windows 11

Notification Center dan Action Center Baru

Tentu saja tampilan Notification Center dan Control Center kini terlihat lebih fresh. Sangat berbeda jauh dengan versi leaked sebelumnya. Bagian ini sempat hadir juga pada Windows 10X sebelumnya.

Settings Baru

Yang paling terlihat perombakannya, yaitu Settings kini sudah berubah drastis secara UI dan UX. Terlihat lebih terorganisir dan rapi.

Windows 11 Settings Baru
Settings baru yang dirombak pada Windows 11

Ribbon File Explorer dan Icon Baru

Pada File Explorer, ada perubahan pada ribbon dan juga icon-icon pada sistem, tidak lagi flat dan bercampur seperti Windows 10 walau untuk Explorernya itu sendiri masih terlihat sama. Dan setiap Window memiliki Rounded Corner seperti Windows 7. Benar-benar dirombak. Tidak lupa untuk Context Menu ikut memiliki perubahan visual.

File Explorer, Icon, dan Context Menu berubah
File Explorer dan Menu Konteks pada Windows 11

Widgets Baru

Ingat Widgets yang pertama kali diperkenalkan pada Windows Vista? Yup, fitur tersebut kini telah hadir Kembali dengan Bahasa desain yang lebih modern dan fluent. Anda bisa menekan tombol Widget yang berada pada taskbar atau swipe dari kiri ke kanan layar jika Anda memiliki PC Tablet Windows dengan layar sentuh.

Windows 11 Widgets
Widget pada Windows 11

Microsoft Store Baru

Dengan tampilan yang juga dirombak total pada Microsoft Store, hal ini memberikan user pengalaman baru dan terlihat lebih fresh serta terorganisir, dan kabarnya tampilan Microsoft Store yang baru ini bakal hadir ke Windows 10 juga di waktu yang akan mendatang. Microsoft Store ini akan menghadirkan aplikasi Android yang dimana Microsoft bekerja sama dengan Amazon untuk menghadirkannya.

Microsoft Store Preview di Windows 11

Itulah perubahan besar yang terjadi pada Windows 11 versi pratinjau awal ini. Kedepannya mungkin akan ada perubahan lagi tergantung kebijakan dari Microsoft sendiri. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − nine =